Search
Close this search box.
Whatsapp Chat
Konsultasikan Zakat Anda kepada Kami

Ramadhan 1445 H Tiba, LAZISMU Kembali Gelar Safari Dakwah Imam Palestina di Jawa Timur

Pada bulan Ramadhan tahun 1445 H / 2024 M ini LAZISMU wilayah Jawa Timur kembali menyelenggarakan kegiatan Rihlah atau Safari Dakwah Imam Palestina. Kegiatan safari ini sudah berlangsung sejak tahun 2019 setiap bulan Ramadhan di berbagai Daerah di Jawa Timur.

Aditio Yudono Wakil Ketua LAZISMU Jatim menerangkan bahwa tiga orang Imam asal Gaza Palestina akan bersafari dakwah di Jawa Timur selama 19 hari.

“Para Imam Palestina tersebut akan mengunjungi kota dan kabupaten yang telah dijadwal sebelumnya. Ketiganya adalah Al Moatasim Billah JR Snewra, Osama al-Yacoubi dan Ahmed Elian Abo Ajwa. Mereka adalah para mahasiswa yang sudah mukim di Indonesia lebih dari dua tahun, karena sedang menjalankan studi Magister di Universitas Muhammadiyah (UMY/UMSIDA) dan Universitas Negeri (UNAIR),” jelas Aditiocdi Gedung Kemanusiaan LAZISMU Jatim di kawasan Buduran, Sidoarjo.

Aditio menambahkan bahwa koordinator pelaksana kegiatan safari dakwah Imam Palestina ini dilaksanakan oleh Tim Amil LAZISMU kantor Daerah kabupaten dan kota yang dituju.

“Sebanyak 60 Masjid di 12 Daerah akan dikunjungi oleh para Imam Palestina, yaitu Ponorogo, Bojonegoro, Tuban, Gresik, Kota dan Kabupaten Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, Kabupaten Pasuruan, Lumajang, Kota dan Kabupaten Malang serta Kota Batu. Tugas para Imam dari Palestina ini adalah memimpin Sholat Wajib, Sholat Tarawih dan Ceramah atau Kajian di Masjid, serta mengisi materi berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh LAZISMU Daerah yang ketempatan” jelas Aditio.

Untuk pembagian tugasnya, menurut Aditio, adalah sebagai berikut :

  • Al Moatasim Billah JR Snewra bersafari di Daerah Kota Batu, Kota Malang, Kabupaten Malang, Sidoarjo dan Gresik (mulai tanggal 10 hingga 29 Maret 2024).
  • Osama al-Yacoubi bersafari di Daerah Ponorogo, Bojonegoro, Tuban, Kota dan Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Pasuruan dan Lumajang (mulai tanggal 12 hingga 21 Maret 2024).
  • Ahmed Elian Abo Ajwa bersafari di Daerah Kota Surabaya (mulai tanggal 16 hingga 20 Maret 2024).

Tujuan kegiatan ini adalah untuk merekatkan ukhuwah Islamiyah antara ummat Islam Indonesia dengan Palestina yang saat ini sedang menderita luar biasa.

“Tema Safari Dakwah ini adalah Ramadhan Bersama Kuatkan Palestina. Tentu materi yang akan disampaikan oleh ketiga Imam dari Palestina terkait bagaimana agar bulan Ramadhan yang penuh rahmat dan berkah ini dapat meningkatkan solidaritas, persaudaraan dan semangat ukhuwah Islamiyah antar bangsa sehingga bisa menguatkan perdamaian dunia” kata Aditio.

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa bangsa Palestina, khususnya di jalur Gaza sedang mengalami penderitaan yang luar biasa. Mendapat gempuran dan serangan biadab dan membabi buta dari Zionis Israel dengan 30 ribu jiwa terbunuh, hingga 80% wilayah Gaza mengalami kehancuran total, baik pemukiman, fasilitas umum dan kantor-kantor swasta dan Pemerintah” cerita Aditio.

Lanjut Aditio, LAZISMU mengharapkan infaq dan sedekah terbaik dari para dermawan, donatur dan Muzaki untuk bangsa Palestina melalui kegiatan ini. Hasil donasi dari safari dakwah ini akan dipergunakan untuk membantu bangsa Palestina yang menderita. Sebagian donasi juga dialokasikan untuk mendukung kegiatan dakwah Muhammadiyah di Daerah. Donasi bisa ditransfer ke Rekening Lazismu Kemanusiaan :

  • Bank Mu’amalat No. 7710015635 a/n LAZIS MUHAMMADIYAH JAWA TIMUR
  • Bank Syariah Indonesia BSI 9000002221 a/n LAZIS MUHAMMADIYAH JATIM HUMANITY

Rihlah atau Safari Dakwah Ramadhan Imam Palestina ini akan berakhir sepuluh hari menjelang Idul Fitri 1445 H, pungkasnya. (Ddt)

     

Baca Kabar lainnya

Profil

Donasi

Layanan

Daftar