Rangkaian Kegiatan Tour d’Baksos Lazismu se-Jatim di Kabupaten Pacitan

Media sosial

Kegiatan Tour d’Baksos (Tour Da’wah dan Bakti Sosial) Lazismu Jawa Timur yang dilaksanakan oleh Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) Jawa Timur dapat berjalan dengan baik dan Lancar. Kegiatan yang merupakan sinergi bersama Majelis Tabligh, MPKU dan Dikdasmen Jatim itu direspon positif dan disambut luar biasa oleh masyarakat di kota Pacitan. Tour d’Baksos ke Pacitan diikuti oleh 75 orang Amil Lazismu se-Jatim, 3 orang kru PWM, 2 orang dari Majelis Dikdasmen dan 1 orang dari Majelis Tabligh PWM Jatim dengan 8 kendaraan operasional Lazismu, 3 mobil PDM plus 2 Ambulan Lazismu.

Berikut adalah rangkaian kegiatannya :

  • Konvoi Kendaraan Lazismu

          

  • Up-Grading Amil dan Training ZISKA Accounting Audit Syariah Lazismu se-Jatim

     

  • Sharing Inspirasi Berbagi (Sedekah : Sehari Seribu Saja)

  • Pembinaan Ustadz-ustadzah TPQ Muhammadiyah se-Pacitan

  • Pembinaan Guru dan Kepala Sekolah Muhammadiyah se-Pacitan

Kegiatan ini dihadiri oleh kepala MIM, MTsM dan MAM se-Pacitan. Mereka diajak untuk bagaimana membangun Sekolah Muhammadiyah yang Berkarekter dan Berkemajuan. Konsep tentang pendidikan Karakter saat ini tengah didengungkan oleh Kementerian Pendidikan RI dan menjadi sebuah program nasional dalam membentuk karakter SDM bangsa yang handal, kokoh, tangguh dan berkemajuan.

  • Gerakan Sholat Subuh Berjamaah dan Pengajian Ahad Pagi

 

Ahad, 12 Maret 2017, ribuan jamaah tampak membanjiri ruangan Masjid Agung di kota Pacitan. Ratusan kendaraan mobil dan sepeda motor  tampak memenuhi halaman dan jalan di sekitar Masjid.

Pagi itu mereka berkumpul di masjid itu dalam rangka mengikuti Kajian Ahad Pagi yang diadakan oleh PDM Pacitan dan Lazismu Jawa Timur. Bertindak sebagai penceramah adalah Ketua Lazismu Jatim drh. Zainul Muslimin.

Sebelumnya, sejak pukul 03.00 WIB warga telah berdatangan untuk melakukan shalat Lail dan dilanjutkan dengan Sholat Subuh berjamaah di Masjid. Tidak hanya warga Muhammadiyah, warga masyarakat kota Pacitan pun mendominasi dan memenuhi ruangan Masjid.

Kegiatan ini merupakan rangkaian Tour Dakwah dan Bakti Sosial Lazismu Jatim di Pacitan. Setelah kajian, acara dilanjutkan dengan pembagian 600 paket santunan kepada para dhuafa dan fakir-miskin serta bakti sosial layanan kesehatan dan pengobatan gratis kepada 200 orang. (Ilmi).

  • Pembagian santunan

 

Usai berlangsung Kajian Ahad Pagi di Masjid Agung Pacitan, Ahad (12/3), Lazismu Jatim membagikan 650 paket sembako kepada para dhuafa di halaman masjid. Mereka tampak antusias mengikuti pembagian paket tersebut: berjajar antri dengan wajah penuh semringah. Semula, Lazismu Jatim menargetkan ada 500 paket sembako yang bisa dibagikan. Namun, mereka bisa melampaui target hingga mencapai 650 paket. “Kami bagikan 650 paket sembako untuk para tukang becak, guru­guru, dan warga setempat yang membutuhkan,” kata ketua pelaksana kegiatan Tour Dakwan dan Bakti Sosial Lazismu Jatim Muhammad Masrukh. Dia berharap, kegiatan ini dapat bermanfaat bagi segenap warga yang membutuhkan. Masrukh juga mengharapkan Lazismu Jatim bisa terus bergerak menebar manfaat kepada sesama. “Keberadaan Lazismu bisa dirasakan manfaatnya. Semoga Lazismu bisa terus berkembang,” pungkasanya. (Ilmi/pwmu)

  • Layanan Pengobatan Gratis

 

Biaya kesehatan yang terbilang mahal, mengakibatkan tidak semua warga bisa memenuhi kebutuhan ini. Padahal, kesehatan merupakan kebutuhan dasar manusia. Untuk membantu memenuhi kebutuhan tersebut, Lazismu Jatim menggelar pengobatan gratis. Bakti sosial pengobatan gratis ini diadakan di halaman Masjid Agung Pacitan, Ahad pagi (12/3). Usai pengajian Ahad pagi di Masjid Agung, para warga langsung berbondong­bondong menuju pos kesehatan yang didirikan panitia di halaman masjid.

Para peserta pengobatan gratis mendapat pemeriksaan medis secara umum, termasuk cek tekanan darah. Kemudian, bagi warga yang memerlukan obatobatan akan diberikan secara gratis. “Sebelumnya kami periksa dulu secara umum. Jika ada gejala gula darah, kolesterol, atau asam urat, akan kami berikan penanganan lebih lanjut. Kami juga memberikan obat­obatan bagi mereka yang memerlukan,” ujar Nurul Ketua Tim Medis pengobatan gratis.

Dalam pengobatan gratis ini, Lazismu bekerja sama dengan Klinik PKU Muhammadiyah Pacitan dan RSU ‘Aisyiyah Ponorogo. Ada dua dokter, satu asisten apoteker, dan dua perawat yang didatangkan. Sejatinya, pengobatan gratis ini merupakan bagian dari rangkaian acara Tour Dakwah dan Bakti Sosial Lazismu Jatim. Selain pengobatan gratis, kegiatan bakti sosial lainnya adalah pembagian 650 sembako untuk dhuafa. (Ilmi/pwmu)

  • Tour ke Pantai Soge dan PLTU Pacitan

 

 

Tim Liputan : Ilmi (pwmu.co), Adit (lazismujatim.org) dan Firdaus (Pubdok Lazismu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ada pertanyaan?
Lazismu Jatim
Assalamualikum, adakah yang bisa saya bantu?