Relawan MDMC-Lazismu Beraksi Bersama Bersihkan Lumpur Pada Rumah dan Fasilitas Warga Terdampak Banjir Bandang di Singojuruh Banyuwangi

Media sosial

Ahad, 24 Juni 2018, 2 hari pasca banjir bandang dan longsor yang melanda Singonjuruh Banyuwangi, tim relawan MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Center), Lazismu dan AMM (Angkatan Muda Muhammadiyah) dari berbagai daerah dengan koordinasi dari Pimpinan MDMC-Lazismu wilayah Jawa Timur segera bergerak dan beraksi bersama membantu warga terdampak. Langkah yang dilakukan pada hari ahad ini ada pekerjaan pembersihan rumah dan fasilitas umum warga dari lumpur, sampah dan kotoran serta pengurukan jalan desa.

Sebelum dilakukan aksi, para relawan apel bersama terlebih dahulu di Posko Muhammadiyah di desa Alas Malang. Dalam apel tersebut para relawan diberikan petunjuk dan arahan tentang pekerjaan yang akan dilakukan serta pembagian tugas. Setelah itu para relawan disebar ke berbagai titik dengan misi melaksanakan tugas yang dimaksud. Mereka juga terjun ke rumah-rumah penduduk dan masjid/musholla guna membersihkan lumpur dan kotoran akibat banjir bandang dan longsor.

Walau potensi banjir susulan selalu mengancam, para Relawan akan tetap disebar ke berbagai desa dan mendampingi warga terdampak untuk membersihkan rumah, masjid/musholla dan lingkungan sekitar. Tentu jika resiko banjir dan longsor susulan itu terjadi, hal itu akan diantisipasi oleh para relawan, tentu dengan berkoordinasi dengan BPBD dan instansi pemerintah setempat.

Pekerjaan yang mendesak saat ini adalah pengurukan jalan desa dan pembersihan lumpur akibat banjir dan longsor. Bersama dengan tim relawan dari organisasi, lembaga atau instansi lain, tim MDMC-LAZISMU-AMM akan bahu membahu bekerjasama membersihkan lingkungan yang terdampak. (Adit).

 

Koordinator Personil yang terlibat:
1. Ghifar Alfarizi (MDMC Jember)
2. Andika Gayuh (MDMC Jember)
3. Siswanto (KOKAM SAR)
4. Sunandar (KOKAM SAR)
5. Ahmad Zulkarnain (KOKAM SAR)
6. Micka Sholehatul M (MDMC JEMBER)

Unsur-unsur yang Terlibat :

  • Lazismu Jatim
  • PDM Banyuwangi
  • MDMC Banyuwangi
  • Kokam SAR Banyuwangi
  • Kokam SAR Bondowoso
  • Lazismu Lumajang
  • PCM Singojuruh
  • PCM Rogojampi
  • Nasyiatul Aisyiyah
  • Aisyiyah

Peralatan dan perlengkapan yang dibawa :
1. Genset (1)
2. Senso (1)
3. HT (5)
4. Charger HT (2)
5. Timba (10)
6. Cangkul (5)
7. Skop (5)
8. Jerigen (1)
9. Wibing (1)
10. Sarung Tangan (5)
11. Rompi (5)
12. Kompor (1)
13. LPG (1)
14. Pelampung (4)
15. Helm (4)
16. Terpal (1)
17. Mobil (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ada pertanyaan?
Lazismu Jatim
Assalamualikum, adakah yang bisa saya bantu?