Salurkan Bantuan 39 Domba untuk Panti Pesantren Mahasiswa di Malang

Media sosial

Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqoh Muhammadiyah (Lazismu) Jawa Timur bergerak cepat dalam menghimpun dan menyalurkan dana umat. Salah satu yang dilakukannya adalah menyerahkan 39 ekor domba/gibas kepada mahasiswa Panti Pesantren Mahasiswa Mandiri Muhammadiyah (P3M) Dau Malang. Domba­domba itu nantinya akan digemukan. Penyerahan tersebut langsung dilakukan oleh Ketua Lazismu PWM Jatim drh H Zainul Muslimin, Kamis (21/4). Dalam kesempatan itu, Zainul menuturkan bahwa penyerahan bantuan berupa domba tersebut dilakukan sebagai upaya Lazismu Jatim untuk melakukan pemberdayaan. “Pemberdayaan yang sekaligus diniatkan untuk mencetak wirausaha­wirausaha muda yang handal. Terutama dalam bidang peternakan,”

Menurut Zainul, Lazismu Jatim hanya memfasilitasi penyaluran bantuan dari donatur. Baik dalam bentuk sistem kerjasama bagi hasil maupun wakaf tunai (hibah). “Kali ini sistemnya bagi hasil dan bekerjasama dengan Majelis Pemberdayaan Sosial (MPS) untuk menyalurkan bantuan,” ujarnya. Nantinya dari 39 ekor domba tersebut, kata Zainul, akan dilakukan pengemukan oleh mahasiswa panti. Proses pengemukan di bawah bimbingan tim dokter hewan Lazismu yang setiap pekan akan datang, dengan membawa pakan. “Nanti, hasilnya pengemukannya saat Idul Adha, akan dijual dan hasilnya dibagi sesuai prosentase bagi hasil, katanya. “Lazismu bertugas untuk melakukan monitoring. Karena Lazismu harus bertanggungjawab kepada donatur.”

Zainul menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan aksi nyata redistribusi akses dan aset yang dilakukan oleh Lazismu Jatim. Lazizmu telah mencanangkan untuk fokus pada pemberdayaann dan mencetak wirausaha handal. ”Semboyan kita adalah sahabat suka berbagi bersama kami, Lazismu Jatim,” ujarnya. (aan/pwmu.co).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ada pertanyaan?
Lazismu Jatim
Assalamualikum, adakah yang bisa saya bantu?