Sambut Ramadhan, Lazismu Siapkan Program Donasi Cilik

Media sosial

Lazismu Kabupaten dan Kota se-Jatim dalam rangka menyambut bulan Ramadhan 1438 Hijriyah akan melakukan program edukasi kepada anak anak Siswa Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD). Program tersebut diberinama Filantropis Cilik, dengan tema “Kecil-kecil Gemar Sedekah, InsyaAllah Hidup Barokah”. Filantropis Cilik adalah program penghimpunan yang ditunjukan untuk siswa sekolah tingkat dasar dalam rangka mendidik mereka untuk bederma dan peduli sesama.

Program ramadhan tersebut dicanangkan dalam acara Workshop Strategi Branding dan Rapat Koordinasi Lazismu se-Jatim yang dilaksanakan pada 6-7 Mei 2017 di Gedung Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jatim, Surabaya. Dalam kesempatan tersebut hadir perwakilan dari 30 kantor Daerah Lazismu tingkat Kota dan Kabupaten di Jatim. Acara ini diadakan khusus untuk membahas program Lazismu di bulan ramadhan dan menyusun strategi guna meningkatkan kesadaran berzakat pada ummat Islam.

 

Secara teknis, dalam program Filantropi Cilik ini Crew dan Relawan Lazismu akan berkunjung ke sekolah-sekolah dan memberikan edukasi tentang program Filantropis Cilik dalam bentuk berkisah, mendongeng, cerita boneka, badut lucu atau kegiatan yang menarik bagi anak-anak. Setiap siswa nantinya akan diberikan Celengan Filantropis Cilik (CFC) atau kotak infaq yang menarik untuk dibawa pulang. Diakhir bulan ramadhan CFC akan ditarik kembali dengan harapan sudah terisi (isi CFC tidak dibatasi). Namun demikian celengan atau kotak infaq ini akan terus dijalankan pada bulan-bulan berikutnya setelah ramadhan.

Setiap penarikan donasi CFC akan dibuat laporannya dan dipublikasikan secara keseluruhan, baik nasional, regional dan lokal melalui media LAZISMU (online dan Offline) serta media massa. Hasil dari pengumpulan daonasi cilik ini akan dirupakan paket School kit yang akan didistribusikan kepada siswa-siswa tidak mampu di kawasan terdekat dengan sekolah tersebut.

Dengan program ini diharapkan kesadaran berderma atau berinfaq serta rasa kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan akan tumbuh pada diri anak-anak sejak dini. Tentunya pelibatan peran serta dari orang tua wali murid sangat dinantikan demi suksesnya program ini. (Adit).

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ada pertanyaan?
Lazismu Jatim
Assalamualikum, adakah yang bisa saya bantu?