Ada Pertanyaan ?

Hubungi 031-8437191

 Tim Medis dari Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Jawa Timur yang didukung oleh Lazismu begitu tiba di kota Palu (02/10/18) segera melakukan persiapan untuk membuka Posko Kesehatan. Hari Rabu pagi (03/10/18) Tim Medis MDMC Jatim yang diawaki oleh 5 orang personil dari Rumah Sakit Muhammadiyah (RSM) Lamongan langsung melayani pemeriksaan kesehatan para pengungsi yang merupakan warga terdampak gempa bumi dan tsunami jum’at petang  (28/09/18) lalu.

Posko Medis utama ditempatkan di gedung Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu di Jl. Jabal Nur no.1, kawasan Mantikulore, Talise, Palu. Sedangkan Tim Medis melakukan pemeriksaan kesehatan secara mobile atau keliling dari satu areal pengungsian ke areal lain dengan radius yang belum begitu jauh dari Posko Medis utama mengingat faktor keamanan dan keterbatsan pendukung transportasi, khususnya BBM.

Hari pertama bertugas Tim Medis MDMC langsung memeriksa kesehatan para pengungsi khususnya ibu dan anak. Pemeriksaan dilakukan secara darurat di alam terbuka mengingat belum tersedianya tempat yang mendukung untuk kegiatan layanan kesehatan. Obat-obatan yang ada saat itu sangat membantu kegiatan layanan terutama bagi penderita sakit ringan. Warga terdampak atau pengungsi langsung memanfaatkan layanan ini mengingat kondisi tubuh yang lelah dan rentan pasca gempa dan tsunami. Selain itu mereka juga belum mendapatkan layanan kesehatan dari pihak manapun.

Selanjutnya sambil menunggu situasi kondusif dan pasokan alat kesehatan dan obat-obatan yang lebih memadai, Tim Medis MDMC akan terus melakukan kegiatan pemeriksaan dengan persediaan yang ada. Sementara itu di Poskor telah disiapkan 1 unit Ambulan jika sewaktu-waktu diperlukan untuk mengangkut pasien dalam keadaan gawat darurat ke Rumah Sakit.

Tim Medis Mobile MDMC Jatim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *