Tim SAR MDMC Terus Lakukan Pencarian dan Evakuasi Korban Gempa Bumi dan Tsunami di Palu, Sulawesi Tengah

Media sosial

Sepuluh hari setelah terjadinya gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala, tim relawan SAR (Search and Rescue) dari berbagai institusi dan organisasi kemasyarakatan terus bekerja melakukan pencarian korban hilang dan mengevakuasi jenazah yang ditemukan. Termasuk relawan tim SAR dari Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) yang didukung oleh Lazismu.

Tim SAR MDMC dari berbagai wilayah seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, DIY dan wilayah se-Sulawesi serta Pusat bahu membahu bekerja dengan tetap berkoordinasi dengan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) dan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah). Hingga saat ini tercatat korban jiwa hampir 1.649 jiwa (data BNPB) dan diperkirakan akan terus bertambah. Masa Tanggap darurat punmasih terus berlangsung dan penanganan terhadap masa darurat ini tetap intens dilakukan.

Sementara itu M. Rofi’i, Ketua Majelis Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (MLHPB) / MDMC Jawa Timur menyerukan segenap aktivis Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) terutama Organisasi Otonom untuk bergabung menjadi relawan yang bertugas untuk mengevakuasi korban dan menyalurkan logistik kepada warga terdampak.

Sementara otu untuk relawan Medis sudah di back up oleh Majelis Pelayanan Kesehatan Umum (MPKU) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur. MPKU PWM Jatim telah menerjunkan 5 orang dokter dan tenaga medis dari RSM Lamongan untuk melayani Posko Kesehatan di Puskor Unismuh Palu dan seorang dokter untuk bergabung dengan tim kesehatan mobile bersama TNI.

Rofi’i juga mengetuk hati para generasi muda Muslim di Jawa Timur untuk terjun dalam tugas dan kerja-kerja kemanusiaan dan bergabung di dalam Lembaga Penanggulangan Bencana Muhammadiyah atau MDMC. Untuk itu mereka yang terpanggil jiwanya dapat bergabung ke MDMC melalui sdr. Danny (HP/WA 0857-3107-8409) selaku koordinator relawan MDMC Jatim. (Adit).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ada pertanyaan?
Lazismu Jatim
Assalamualikum, adakah yang bisa saya bantu?