Semangat al-Ma’un dalam Gerakan Jumat Berkah “Warung Dhuafa” di Magetan

Media sosial

Semangat memberi untuk negeri terus digalakkan oleh Lazismu dimanapun berada. Semangat yang terinspirasi dari al-Qur’an surat al-Ma’un tersebut menjadi daya dorong guna menggugah kaum Muslimin untuk gemar bershodaqoh dan berbagi kepada yang membutuhkan.

Lazismu kabupaten Magetan setiap hari Jumat menyelenggarakan aksi Jumat Berkah. Aksi tersebut dilakukan dalam bentuk Warung Dhuafa bertenda yang menyediakan hidangan makan nan menggugah selera namun dengan membayar seikhlasnya, bahkan gratis bagi warga dhuafa yang tidak mampu. Warung Dhuafa ini ditempatkan di alun-alun kota Magetan atau bisa pula berpindah lokasi tergantung sasaran yang hendak dituju.

Menurut Yakub T. Kaharudin, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Magetan selaku koordinator Lazismu, aksi ini sengaja digelar dalam rangka memberikan makanan siap santap bagi warga yang membutuhkan, khususnya kaum dhuafa, sekaligus menyemarakkan dan memuliakan hari Jum’at. Kebanyakan yang datang di warung ini adalah para penarik becak, tukang sampah, pemulung, pedagang asongan dan pengguna jalan yang melintas.

Yakub menambahkan, dengan membayar seikhlasnya atau bahkan gratis warung dhuafa ini menyediakan menu nasi lengkap dengan lauk dan sayur serta minuman. Setiap hari Jum’at tak kurang dari 100 orang yang hadir bersantap hidangan di warung ini. Walau bayar seikhlasnya atau gartis warung ini tidak akan rugi karena didukung oleh para dermawan dan aghniya yang tergerak hatinya untuk berbagi kepada sesama, pungkas Yakub.

(Adit / foto Ykb).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ada pertanyaan?
Lazismu Jatim
Assalamualikum, adakah yang bisa saya bantu?