Ada Pertanyaan ?

Hubungi 031-8437191

Selain Gresik, Jember, Jombang dan Nganjuk, banjir juga melanda Sidoarjo. Air menggenang beberapa kawasan di Sidoarjo timur, termasuk areal perumahan, kampung, pedesaan, persawahan dan tambak, 16/2/21.

Beberapa kampung atau desa terendam air hingga 50 cm sehingga menyulitkan warganya beraktifitas, terutama memasak. Informasi dari BPBD kawasan tergenang banjir meliputi : Kecamatan Sidoarjo, di desa Banjar Bendo RT 07 RW 04, desa Sidokare, perumahan Bluru Permai Rw 11 Bluru khususnya Jl Raya Bluru Kidul Sidoarjo ketinggian genangan air ± 30 – 50 Cm. Selain itu  air juga merendam desa Rangkah, desa Sekardangan, Pelipir RT 09. RW 03 ketinggian genangan air 18 cm dan di depan Stasiun kereta api Sidoarjo.

Di kecamatan Buduran kawasan terendam air di RW 04 meliputi RT 09, 10, 11, 12 dan 12 Desa Buduran. Sedangkan di kecamatan Candi, air menggenangi kawasan desa Jambangan RT 12, RT 23 RW 5, RT 25 RW 06, Perum MCA Rt 24 Rw 7 desa Sumorame, desa Kebonsari RT 05 RW 01, desa Balonggabus RT 02 RW 01, desa Klurak RT 13 RW 04, desa Bligo Dsn Rawan RT.11 dan 12 dan Perumahan citra amanda garden Nyamplung.

Sementara itu air juga menerabas di kecamatan Tanggulangin, kecamatan Porong Jl Raya Porong ketinggian genangan air 40 – 50 cm, lalu kecamatan Tarik dan kecamatan Wonoayu.

Oleh karena itu para Relawan yang tergabung dalam Lazismu bersama Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) atau Lembaga Penanggulangan Bencana PDM Kabupaten Sidoarjo bergerak sigap dan tanggap dengan kondisi warga di beberapa kampung dan desa itu.

Kesigapan ditunjukkan dengan membuka posko dapur umum di SMAMDA Sidoarjo, 20/2/21. Selain itu Posko Kebencanaan yang berada di kantor Lazismu di gedung PDM Sidoarjo Jl Mojopahit no 666B, juga menghimpun bantuan dari masyarakat luas, baik logistik maupun dana.

Anang Muntholib, Ketua Lazismu Sidoarjo mengatakan bahwa PDM, dengan sayap Lazismu dan MDMC-nya sudah bergerak dengan menghimpun bantuan, membuka posko dapur umum dan memobilisasi para relawan untuk bergiat membantu sesama yang terkena banjir.

“Kita gerakkan segenap potensi untuk membantu sesama, ya Amal Usaha, ibu-ibu Aisyiyah dan relawan Angkatan Muda Muhammadiyah Sidoarjo, termasuk HW dan Kokam, terjun ke lokasi dn membagikan bantuan, terutama nasi bungkus hasil masakan dari Posko Dapur Umum siang dan malam” kata Anang ketika berada di Posko Bencana Lazismu – MDMC Sidoarjo, Jl. Mojopahit 666-B Sidoarjo.

“Alhamdulillah perjuangan para relawan menembus genangan banjir yang setinggi 50 cm guna membagikan nasi bungkus sungguh luar biasa. Mereka lakukan itu demi membantu sesama warga Sidoarjo yang tertimpa bencana.” pungkas Anang Muntholib. (Adit)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *