Tangani Pengungsi Gempa Mamuju Sulbar, LAZISMU-MDMC Sudah Siapkan POSKOR Bantuan

Media sosial

Gempa bumi yang terjadi di Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat pada tanggal 14 januari 2021 sekitar jam 14.00 WIT, dengan kekuatan gempa 5.9 magnitudo sungguh mengejutkan warga. Gempa kemudian kembali terjadi pada tanggal 15 januari sekitar pukul 02.00 WIT dengn kekuatan gempa 6.2 magnitudo. Terkhir gempa dirasakan pada tanggal 16 januari 2021 pukul 07.45 WIT. Gempa susulan berskala kecil juga sering dirasakan oleh warga.

Dampaknya sungguh dahsyat, kerusakan berat dan ringan terjadi pada fasilitas umum dan rumah warga, korban jiwa meninggal dunia dan luka-luka tak dapat dihindari.

Menanggapi kejadian itu, Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) dan LAZISMU senantiasa siap siaga bergerak merespon terjadinya bencana alam di tanah air. MDMC dan LAZISMU membentuk Poskor di Pusat Dakawah Muhammadiyah (Pusdam) Jl. Soekarno Hatta, Mamuju, Sulawesi Barat, 15/01/2021.

Menurut Rudi Dafa, Amil LAZISMU Sulawesi Tengah yang saat ini bertugas di Mamuju Sulawesi Barat, Para relawan MDMC-LAZISMU bersama Aparat TNI dan BPBD setempat terjun mengevakuasi warga dan korban tertimpa bangunan roboh di kota Mamuju. Assessment pun dilakukan.

Rudi yang dihubungi lewat WA mengatakan bahwa saat ini terjadi kekurangan Bahan Bakar terutama Bensin, Kebutuhan logistik (Bahan Makanan dan air minum) menipis, pengungsi memerlukan Tenda pengungsian, karpet dan kebutuhan obat-obatan (P3K) serta perlengkapan anak anak.

Respon yang sudah dilakukan oleh MDMC dan LAZISMU meliputi evakuasi korban dan merujuk pasien ke Puskesmas atau rumah sakit Bhayangkara Mamuju. Sedangkan distribusi Logistik makanan untuk sementara masih dikondisikan karena kesulitan bahan. Demikian pula dengan pelayanan kesehatan masih diusahakan karena terkendala pos pelayanan  yang belum ada, sementara kegiatan masih difokuskan di Poskor Induk. Jumlah personil diterjunkan sejak tanggal 14-16  januari 2021 sebanyak 25 Orang Relawan Muhammadiyah.

[divider]

POS KOORDINASI (POSKOR) MUHAMMADIYAH – MDMC DAN LAZISMU SULBAR. Lokasi Poskor : Pusat Dakwah Muhammadiyah Mamuju Sulawesi Barat Jl. Soekarno Hatta.

Kontak :

  • Ketua MDMC Sulbar (Rusli 085394700401)
  • Ketua Lazismu Sulbar (Rahman Djafar : 085240662416)

[divider]

Mari kita bantu doa dan donasi untuk saudara kita yang tertimpa musibah dan menderita..

Rekening LAZISMU Kemanusiaan.
  • Bank Mu’amalat No. 7710015635 a/n LAZIS MUHAMMADIYAH JAWA TIMUR
  • Bank Syariah Mandiri 9000008882 a/n LAZIS MUHAMMADIYAH JATIM ZISKA
Posko Bantuan MDMC-LAZISMU Jawa Timur : Gedung Muhammadiyah Jatim Jl. Kertomenanggal IV/1 Surabaya, telp. 031 843 7191

[divider]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ada pertanyaan?
Lazismu Jatim
Assalamualikum, adakah yang bisa saya bantu?