Ada Pertanyaan ?

Hubungi 031-8437191

Wajib bagi setiap umat Islam melaksanakan segala perintah Allah sehingga setiap saat dituntut untuk menjaga ibadah kepada Allah, terutama ibadah sholat. Untuk dapat menjalankan semuanya maka dipandang perlu dibangunnya tempat ibadah terutama di Kecamatan Pakir, Kabpuaten Malang. Oleh karena itu Pimpinan Cabang Muhammadiyah Pakis dan Kantor Layanan Lazismu (KLL) Pakis berencana membangun sebuah masjid yang unik dan menarik di lokasi yang dekat dengan tempat wisata Wendit. Masjid itu diberi nama  Masjid JOGLO AL MA’UUN Pakis.

Menurut Ketua Panitia, Moch. Elminnafi’, Pembangunan Masjid JOGLO AL MA’UUN Pakis didorong oleh semangat dan tekad kaum muslimin khususnya di Desa Mangliawan Kecamatan Pakis. Pembangunan Masjid berbentuk joglo itu selain digunakan sebagai sarana ibadah sholat berjamaah juga sebagai pusat untuk mensyiarkan Islam dengan berbagai kegiatan dakwah dan kajian-kajian yang diselenggarakan secara rutin. Menghimpun dana zakat dan infaq dari umat untuk kegiatan sosial.

Dengan demikian selain memerankan fungsinya sebagai lembaga keagamaan, Masjid JOGLO AL-MA’UN juga memerankan fungsinya sebagai lembaga pendidikan non-formal dan lembaga sosial kemasyarakatan. Menjadi benteng akidah dan pencetak generasi penerus yang berakhlak mulia dan faham terhadap agama Islam sepenuhnya. Masjid JOGLO AL-MA’UN juga diharapkan menjadi kebangganan dan pusat dakwah Islam “berkemajuan” dan Muhammadiyah di Kecamatan Pakis.

Joglo merupakan bentuk bangunan khas Jawa yang saat ini sudah mulai langka di tanah jawa bahkan di Indonesia, konsep pembangunan masjid bergaya Joglo adalah salah satu pilihan dalam turut serta menjaga keaslian bentuk bangunan asli Jawa yang tentunya akan bernilai sejarah dan tak terukur nominalnya. Klasik retro adalah modifikasi yang dilakukan dalam bangunan joglo dengan harapan memberikan nuansa yang lebih istimewa dan dapat membuat jamaah yang ada di dalamnya menjadi merasa nyaman serta merasa damai. Perbaduan joglo klasik retro ini diharapkan menjadikan masjid ini menjadi salah satu kunjungan wisata religi dimana posisi masjid ini juga berada di tepian salah satu wisata air di Malang. Jenis Joglo yang kami gunakan dalam pembangunan masjid ini berasal dari bangunan jooglo kayu jati kuno yang sudah berumur lebih dari satu abad. Joglo kayu kuno ini kami beli dari daerah madiun sebanyak 3 unit rumah dengan ukuran balok kayu yang cukup besar

Saat ini (14/3/2018) pembangunan Masjid JOGLO AL-MA’UN baru dalam tahap memasang tiang pancang berupa pilar dari kayu jati yang kuat dan kokoh. Masjid JOGLO AL-MA’UN yang akan dibangun dengan dana Rp. 1,5 Milyar itu terletak di Perumahan Surya Regency, Wendit barat Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Bagi Ummat Islam yang ingin memberikan bantuan dipersilahkan datang ke lokasi atau mentransfer dana ke rekening Bank, seperti tersebut di bawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *