Terbitkan Buku “Membangun Kepribadian” Prof Dr Thohir Luth Ajak Generasi Bangsa ini Kuatkan Karakter dan Jati Diri

Media sosial

Dewan Syariah Lazismu Jatim, Prof Dr Thohir Luth MA mengajak generasi bangsa ini membangun dan menguatkan karakter dan jatidiri bangsa. Ajakan itu dituangkannya dalam sebuah karya buku yang berjudul “MEMBANGUN KEPRIBADIAN”.

“Alhamdulillah, ini ada sebuah buku dari saya dengan judul “Membangun Kepribadian”. Buku ini sesungguhnya berasal dari tulisan lepas saya pada blogger saya di PPA Universitas Brawijaya,” ujar Prof Thohir ketika dihubungi secara Online, 10/03/2021.

“Ketika Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) wilayah Jawa Timur menerbitkan majalah Mata Hati, maka tulisan lepas itu diakses dan dimuat dalam majalah tersebut dalam kolom keagamaan secara berlanjut hingga buku ini diterbitkan.” katanya.

“Saya memberi judul buku ini dengan Membangun Kepribadian,mengingat berbagai judul kecil yang beragam yang intinya kalau ditarik benang merahnya jadi terkristalisasi pada judul buku tersebut walaupun kurang mewakili. Hemat saya, ketika kita mengelaborasi Iman dan Amal Shalih dalam kehidupan nyata, maka sesungguhnya kita sedang membangun kepribadian kita yang berkeadaban, atau dalam bahasa agamanya kepribadian yang Islami.” jelasnya

“Artinya satu bentuk prilaku yang menjadikan al Qur’an dan al Sunnah sebagai pedoman dan tolok ukurnya. Dan kepribadian seperti ini sangat dibutuhkan dalam kehidupan publik. Apalagi dizaman moderen ini dimana faham-faham liberal telah merambah di seluruh lini kehidupan manusia. Semoga buku ini bisa menjadi salah satu bacaan yang menginspirasi kita menata kepribadian kita  sesuai pedoman hidup dalam Islam. Kepada Lazismu wilayah Jawa Timur yang menerbitkan buku ini saya sampaikan apresiasi dan terimakasih yang se-besar-besarnya. Semoga buku ini bermanfaat adanya. Aamiin.” harap Prof Thohir.

Sementara itu Drh Zainul Muslimin, Ketua Badan Pengurus Lazismu Perwakilan Wilayah Jawa Timur sangat menyambut antusias terbitnya buku ini. Menurutnya perubahan demi perubahan bergeser sangat cepat serta sangat nyata terasa, apa yang menjadi jargon selama ini bahwa perubahan adalah sebuah ketetapan menjadi sebuah yang tak terelakkan.

“Agar diri kita semua tidak tertinggal akan derasnya perubahan, maka dibutuhkan mindset yang terbuka, hati dan pikiran yang terbuka serta sekaligus mampu menyaring derasnya arus informasi untuk kepentingan perbaikan diri ke depan,” katanya menyambut penerbitan buku ini di Gedung Muhammadiyah Jatim, 17/03/2021.

“Sudah saatnya kita membangun karakter diri yang senantiasa terbuka agar bisa terjadi pengayaan pengetahuan dan pengalaman di dalam perjalanan kehidupan ini. Sekaligus memupuk karakter yang kokoh dalam menghadapi gelombang berbagai macam paham dan pemikiran adalah sebuah keniscayaan, yang harus terus diupayakan. Agar senantiasa berada dalam arah dan jalan yang benar maka dibutuhkan tempat-tempat yang kondusif sekaligus orang-orang sekeliling yang bisa saling meng-endorse, saling mendukung dan saling menguatkan satu sama lain,” lanjut dokter hewan yang menjadi Ketua Lembaga Amil Zakat ini.

“Alhamdulillah, LAZISMU di bawah bimbingan beliau, Prof Dr Thohir Luth MA, pada periode 2015-2020 yang berlanjut hingga kini terus melaju atas karunia-Nya dengan program-program yang terus kita upayakan realisasinya terutama dalam hal pemberdayaan umat dan masyarakat. Semua bisa berjalan se-mata-mata karena pertolongan Allah SWT serta bantuan dan kebaikan dari para donatur, para Muzaki, dan para muhsinin. Kita semua berharap agar upaya-upaya pemberdayaan masyarakat bisa berkelanjutan dengan cara yg terstruktur, transparan serta terukur,” tambah Zainul.

Lebih jauh Zainul menegaskan bahwa buku Prof Dr Thohir Luth MA ini sangat menginspirsi, memberikan dorongan moril dan juga menjadi cambuk bagi diri agar terus berubah dan berbenah. Karakter ummat dan bangsa yang kuat, kokoh dan tegar dalam menghadapi dinamika dan perkembangan dunia harus terus dipupuk dan ditumbuh suburkan.

“Kiranya tak berlebihan apabila buku ini bisa menjadi cerminan dan panduan bagi kita semua dalam menapaki kehidupan guna membangun ummat, bangsa dan negara. Sikap, tingkah laku dan perbuatan yang senantiasa menyandarkan diri kepada tuntunan agama, hendaklah menjadi karakter utama dan pribadi luhur bangsa ini,” pesannya dengan penuh semangat.

“Semoga penerbitan buku Membangun Kepribdian, tulisan beliau Prof Dr Thohir Luth MA bisa menebar manfaat kepada seluruh masyarakat, sesama anak bangsa dan semua warga negara. Mari tetap bersemangat menebar manfaat dan membangun kepribadian yang kuat dan kokoh untuk bangsa dan negara tercinta. Bismillah,” pungks Zainul Muslimin.

Buku karya Prof Thohir Luth ini diterbitkan oleh Lazismu wilayah Jawa Timur yang bekerjasama dengan penerbit “Hikmah Press” PWM Jatim. Cetakan pertama didistribusikan untuk umum dengan pemesanan melalui BUMAL online shop (Vira – WA 0823 3115 2141)

Buku setebal 157 halaman ini berisi kumpulan tulisan Prof Thohir Luth yang diunggah di Website pribadinya dan pernah dimuat dalam Majalah bulanan MATAHATI Lazismu Jatim. Guru Besar Universitas Brawijaya Malang yang sekaligus tokoh Muslim Jawa Timur asal Flores Timur NTT ini memang sangat produktif dalam menulis berbagai artikel dan tulisan yang penuh hikmah dan bisa menjadi rujukan bagi generasi bangsa yang saat ini dalam kondisi mengalami degradasi moral. (Adit)

[divider]

[divider]

[divider]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ada pertanyaan?
Lazismu Jatim
Assalamualikum, adakah yang bisa saya bantu?