Search
Close this search box.
Whatsapp Chat
Konsultasikan Zakat Anda kepada Kami

Tim DU MDMC Jatim Tuntaskan Tugas Selama Sepuluh Hari Sediakan Makanan Siap Santap Bagi Penyintas Terdampak Banjir Rob di Kabupaten Demak

Selama sepuluh hari terhitung dari tanggal 12 hingga 21 Februari 2024 Tim Majelis Lingkungan Hidup dan Penanggaulangan Bencana (MLHPB) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur atau yang dikenal dengan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) melaksanakan tugas merespon bencana banjir di kecamatan Gajah, kabupaten Demak. Hal itu sesuai dengan penugasan dari Lembaga Resiliensi Bencana (LRB) Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Tugas MDMC yang didukung penuh oleh LAZISMU Jatim itu diwujudkan dalam bentuk menerjunkan Tim beserta Kendaraan Dapur Umum (DU) atau Food Truck ke lokasi bencana. Aksi kemanusiaan ini sebagai respon atas terjadinya bencana banjir rob paling parah yang melanda cukup lama di 5 kecamatan, kabupaten Demak. Salah satunya adalah kecamatan Gajah yang menjadi titik Pos Layanan DU MDMC Jatim.

Tim Relawan DU selain mengerahkan peralatan dan perlengkapan masak juga membawa bahan baku logistik untuk memasak seperti beras, mie, minyak goreng, RendangMu dalam kaleng, bakso dan aneka bumbu. Sedangkan untuk bahan lauk pauk dan sayur mayur dibeli di sekitar lokasi.

Tim Relawan DU MDMC Jawa Timur beranggotakan Aris Nurhadi, Khusnul Abidin, Ahmad Mufattachi Hafid AR, dan Ali Marwan dengan koordinator Edi Suwito dan Agung Wijaya selaku pimpinan Relawan MDMC Jatim. Mereka ditugaskan untuk melayani penyintas yang mengungsi atau tinggal sementara di gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) Gajah 2.

Menurut Aris Nurhadi, Relawan senior, ia beserta kru Dapur Umum MDMC Jatim dibantu Relawan lokal memasak sebanyak tiga kali sehari. Bahkan jika dibutuhkan secara mendesak bisa memasak empat kali sehari.

“Kami memasak untuk menyediakan makanan siap santap pada pagi, siang dan malam bagi sekitar 400 orang pengungsi yang sementara menginap di gedung kelas SDN Gajah 2 kabupaten Demak. Para pengungsi terdiri dari laki-laki, wanita dan anak-anak dari desa setempat,” kata Aris Nurhadi ketika ditemui di lokasi Dapur Umum di SDN Gajah 2, Jl Raya Demak Kudus.

“Alhamdulillah ketersediaan bahan memasak mencukupi bahkan untuk sayur mayur berlebih, karena kiriman sayur dari Magelang dan sekitarnya terus mengalir setiap hari. Demikian pula dengan bahan pokok lainnya juga terus berdatangan, selain bahan yang kami bawa sendiri dari Jatim. Sehingga selama 10 hari Tim DU MDMC Jatim telah memasak lebih dari 12.000 bungkus makanan siap santap. Ditambah Bakso khas LAZISMU Jatim sebanyak 400 porsi” tambah Aris.

Usai melaksanakan tugas, lanjut Aris, Tim DU MDMC Jatim beserta kendaraan Food Truck akan ditarik pulang dan digantikan oleh Tim dari wilayah lainnya.

“Tugas dari LRB PP Muhammadiyah atau MDMC Pusat sebenarnya selama tujuh hari dan kemudian diperpanjang lagi tiga hari, total menjadi sepuluh hari. Nah setelah itu Tim DU Jatim akan kembali pulang dan tugas Dapur Umum akan digilir ke Tim dari wilayah atau daerah lainnya,” jelas Aris.

“Selama kami bertugas banyak suka dukanya, namun yang terpenting, para penyintas di SDN Gajah 2 yang kami layani ini tidak kekurangan pangan, syukur Alhamdulillah, dan semoga bermanfaat” pungkas Aris. (Adt)

SENANTIASA BERSIAP SIAGA & SIAP SEDIA MENGHADAPI BERBAGAI BENCANA DI INDONESIA.

DONASI untuk Kebencanaan dan Kemanusiaan, transfer ke rekening :

  • Bank Mu’amalat No. 7710015635 a/n LAZIS MUHAMMADIYAH JAWA TIMUR
  • Bank Syariah Indonesia BSI 9000002221 a/n LAZIS MUHAMMADIYAH JATIM HUMANITY
  • Konfirmasi Donasi, WA : 0851-6170-2078 dan 0851-5606-3595
  • Donasi digital : www.lazismujatim.org

Baca Kabar lainnya

Profil

Donasi

Layanan

Daftar