Workshop Audit Keuangan dan Rakorsus Pra RKAT-2019 Sebagai Komitmen Lazismu yang Auditabel dan Akuntabel

Media sosial

Lazismu pada tahun 2017 lalu telah memperoleh hasil audit dari Kantor Akuntan Publik (KAP) dengan predikat Wajar Tanpa Perkecualian (WTP). Hasil ini tentu harus dipertahankan dan diperkokoh dengan capaian prestasi yang lebih baik di tahun 2018.

Guna mengkonsolidasi laporan keuangan tahun 2018 seluruh kantor wilayah pembantu daerah se-Jatim dan mempersiapkan Rencana Kerja Anggaran Tahun (RKAT) 2019 yang akan dikukuhkan dalam Rakerwil-Rakornas mendatang, Lazismu Jatim menyelenggarakan Workshop dan Rapat Koordinas Khusus (Rakorsus).

Workshop dan Rakorsus yang dilaksanakan di gedung Pimpinan Wilayah Muhammadiyah jatim itu berlangsung selama 2 hari, yakni tanggal 6-7 Oktober 2018. Sebanyak 100 orang Amil, terdiri dari Badan Pengurus, Manager dan Bagian Keuangan Kantor Wilayah Penbamtu Daerah se-Jatim hadir dalam kegiatan konsolidasi itu.

Dalam sambutannya, Ketua Lazismu Jawa Timur, drh. Zainul Muslimin mengatakan bahwa Lazismu seluruh kantor wilayah pembantu wajib memacu diri dengan capaian prestasi membanggakan, yaitu sesuai dengan target yang telah diputuskan dalam Rakerwil tahin 2017 lalu. Tentu capaian ini harus dilakukan dengan kerja keras dan kerja cerdas. Bagi yang belum memacu diri, lanjut ustadz Zainul, segera bergerak senyampang tahun 2018 belum berakhir.

Sementara itu Tamhid Masyudi yang mewakili Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur mengajak seluruh Amil Lazismu berkhidmat dengan sungguh-sungguh untuk ummat sehingga Lazismu dapat menjadi lembaga Amil Zakat yang membanggakan dan berketeladanan. Untuk itu, lanjutnya, Jawa Timur harus menjadi teladan nasional khusunya dalam hal kerapian dan ketertiban mengelola keuangan ummat sehingga dapat dipertanggung jawabkan secara akuntabel dan auditabel.

Workshop dan Rakorsus dipandu dihadiri oleh Hilda, M.Si, Ak, CA, CPAI, Direktur Keuangan Lazismu Pusat dan Dodok Sartono, Ketua Lazismu Jawa Tengah dan Tim VA/CMS dari Bank Muamalat dan Bank Mandiri Syariah Surabaya. Mereka memberikan materi sesuai dengan bidang bahasan masing-masing kepada para peserta Workshop dan Rakorsus Lazismu Jatim.

Selain membahas tentang konsolidasi keuangan dan rencana kerja tahunan, Workshop dan Rakorsus juga membahas berbagai permasalahan beberapa kantor wilayah pembantu daerah yang masih terus berbenah dan meningkatkan diri. Selama tahun 2018 ini Lazismu telah 3 kali menggelar Rakorsus yang ditujukan untuk meningkatkan kinerja dan capaian lembaga dalam melaksanakan amanah ummat. (Adit).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
ada pertanyaan?
Lazismu Jatim
Assalamualikum, adakah yang bisa saya bantu?