Search
Close this search box.
Whatsapp Chat
Konsultasikan Zakat Anda kepada Kami

Yuk Bantu Saudara Kita di Kawasan Minoritas Muslim Flores Timur NTT Membangun Masjid yang Representatif

Rancangan gambar Masjid Jami’ Raudhatul Jannah Loehayong yang baru, Solor Timur, Flores Timur, NTT

Di zaman Rasulullah Saw, Masjid menjadi sarana untuk memperkokoh iman dan
pembinaan para sahabatnya. Disamping itu, Masjid juga digunakan sebagai sarana
peribadatan dan tempat mengkaji ajaran Islam. Masjid bukan hanya tempat ibadah tetapi juga merupakan pusat kegiatan dakwah yang berdimensi luas.

Ketika Rasulullah Saw dan para sahabatnya Hijrah dari Mekkah ke Madinah, beliau singgah di suatu tempat yang dikenal dengan Quba. Disinilah Rasulullah membangun sebuah masjid yang diberi nama Masjid Quba. Begitu juga ketika sampai di Madinah Rasulullah membangun Masjid Nabawi. Ini semua menunjukan bahwa masjid memiki kedudukan yang sangat penting bagi kaum muslimin.

Nah, demikian pula dengan masyarakat Desa Lohayong, yang berada di Kecamatan Solor Timur, Pulau Solor, Kabupaten Flores Timur, provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Dengan semangat keagamaan yang tinggi, masyarakat disana sangat mengharapkan atas dibangunnya sarana ibadah yang representatif sebagai pusat dakwah dan kajian Islam. Maka Pembangunan Masjid Jami’ Raudhatul Jannah Lohayong adalah salah satu solusi untuk memberikan pusat Tarbiyah bagi masyarakat sekitar.

Berdasarkan kondisi tersebut, maka sejumlah tokoh Muslim diantaranya Prof Thohir Luth (mantan Ketua PW Muhammadiyah Jatim) yang tergabung dalam Yayasan Gewayantana Keluarga Besar Lohayong ingin memajukan kegiatan syiar dan dakwah Islam. Keluarga besar Lohayong yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia dan Malaysia ini sangat berkeinginan untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat di desa Lohayong kecamatan Solor Timur, Flores Timur, NTT yang merupakan tanah leluhur ummat Islam warga pulau Solor sejak berabad-abad silam. Kontribusi itu diwujudkan dengan membangun Masjid Jami’ Raudhatul Jannah Lohayong, maka kami membentuk Panitia Pembangunan guna mewujudkan keinginan tersebut.

Adapun lokasi pembangunan Masjid berada di Jl. Nani Sudarsono RT. 001 RW. 001 Desa Lohayong Kecamatan Solor Timur, pulau Solor, Kabupaten Flores Timur, NTT. Sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya, Proyek Pembangunan Masjid Jami’ Raudhatul Jannah Lohayong ini membutuhkan dana sebesar Rp. 11.573.071.000,00 (Sebelas Milyar Lima Ratus Tujuh Puluh Tiga Juta Tujuh Puluh Satu Ribu Rupiah). Sumber dana selain direncanakan berasal dari infaq (umen lamak) Keluarga Besar Lohayong Solor yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan Malaysia, juga dari kaum Muslimin dan para Aghniya’ di seluruh tanah air.

Tujuan dibangunnya Masjid sebagai pusat kegiatan keagamaan dan muamalat syari’iyah ini adalah untuk meningkatkan pelayanan dalam beribadah kepada masyarakat sekitar guna meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Meningkatkan pendidikan anak dalam hal keagamaan dan rasa ukhuwah Islamiyah di desa Lohayong, yang merupakan kawasan minoritas Muslim di NTT.

Selain itu penting untuk meningkatkan pendidikan anak dalam hal keagamaan sekaligus menjadikan anak sholeh yang berbakti kepada agama, orang tua, bangsa dan negara. Tujuan lainnya adalah menggantikan bangunan lama yang sudah lapuk dimakan usia dengan harapan Masjid yang baru bisa lebih makmur.

Mari kita berlomba-lomba memperbanyak tabungan amal kita di akhirat, dengan cara membantu dan menyumbang untuk pembangunan Masjid Raudhatul Jannah di desa Lohayong, pulau Solor, kabupaten Flores Timur, NTT. Donasi Infaq dan sedekah bisa ditransfer melalui rekening LAZISMU Jatim :

Rekening LAZISMU Infaq

  • Bank Jatim Syariah No. 6141 919 191
    a/n Lazismu Jatim Infaq
  • Bank Syariah Indonesia BSI No. 9000 005 557
    a/n LAZIS MUHAMMADIYAH JATIM INFAQ
  • Bank Muamalat No. 7710 015 631
    a.n LAZIS MUHAMMADIYAH JAWA TIMUR (INFAQ DAN SEDEKAH)
  • CIMB Niaga Syariah No. 861 777 777 500
    a.n. LAZISMU JAWA TIMUR
  • Tulis dua digit angka 53 di akhir nominal donasi infaq dan sedekah yang ditransfer.
  • Konfirmasi Donasi :
    • Transfer : 0851-5606-3595
    • Informasi : 0851-6170-2078

Semoga Allah Subhanahu wata’ala meridhoi amal kebaikan dan jariyah kita semua. Aamiin.

Klik Lokasi >>> MASJID RAUDHATUL JANNAH LOEHAYONG NTT

Bangunan lama Masjid Raudhatul Jannah Loehayong, Solor Timur, Flores Timur, NTT

Baca Kabar lainnya

Profil

Donasi

Layanan

Daftar